Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, November 2, 2022, 16:17 WIB
Last Updated 2022-11-23T07:17:13Z
JombangPojok PituPotensi DaerahViewerViralWisata | Kuliner

Sensasi Kolak Ketan Durian Ijo Khas Wonosalam Jombang


JOMBANG - Musim durian mulai dirasakan oleh sebagian warga di Gunung Wonosalam, Kabupaten Jombang. Salah satunya pemilik warung ijo yang ada di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Rabu (02/11/2022).

Selain menyajikan durian segar, warung ini juga menyediakan kolak ketan durian. Berbeda dengan menyantap buah durian yang masih segar, menikmati kolak durian ini dapat memberi sensasi baru bagi anda penggemar buah durian. Sebab tak hanya dapat merasakan lezatnya buah durian biasa dengan dibuat kolak, buah durian yang pada dasarnya sudah enak akan menjadi jauh lebih nikmat saat di santap dengan ketan warna hijau, santan, gula hingga resep lainnya.

Menurut sejumlah pelanggan warung setempat, jika dibuat kolak kelezatan buah durian akan berpadu dengan rasa gurihnya ketan bercampur santan sehingga dapat membuat anda merasa ketagihan. Apalagi, harga kolak durian sangat terjangkau, hanya 10.000 rupiah per-porsi.

“Lezatnya itu berasa sekali, karena ada perpaduan buah durian dengan gurih ketan bercampur santan,” ungkap Rahayu, pelanggan kolak durian.

Sementara Yaduah, penjual kolak tenan durian tersebut mengaku terinspirasi membuat kolak durian, karena kawasan Wonosalam di Lereng Gunung Anjasmoro menjadi sentra penghasil buah durian yang lezat di Jombang. Selain itu, hal ini juga dilakukan agar wisatawan yang datang ke Wonosalam tidak bosan, hanya melulu menikmati buah durian saja.

“Tentu saya tidak ingin para wisatawan bosan hanya menikmati buah durian biasa, sehingga saya berinisiatif mengolah sebagian buah duriannya menjadi kolak,” terang Yaduah.

Setelah berjalan lebih dari 2 tahun lalu, Yaduah merasa senang karena penyuka kolak durian terus bertambah. Pada hari biasa, Yaduah bisa menjual 20 hingga 30 porsi kolak durian, namun jika akhir pekan atau hari libur nasional, kolak duriannya bisa laku hingga ratusan porsi perhari. (ful/rok)