Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, November 3, 2022, 16:16 WIB
Last Updated 2022-11-03T09:16:12Z
JombangPojok PituPotensi DaerahSketsa BengawanViewerViral

Unik, Disabilitas di Jombang Buat Casing Berbahan Bambu


JOMBANG - Seorang disabilitas di Kabupaten Jombang, sukses memproduksi casing unik berbahan bambu. Karya pria yang hidup diatas kursi roda ini, sekarang sudah tembus sejumlah pasar di Indonesia. Selain casing bambu, pria perajin bambo ini juga memproduksi tripod berbahan bambu yang lebih tampak eksotik dan klasik.

Pria tersebut adalah Sukardi, warga perumahan Desa Sukorejo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang. Saat ditemui JTV di kediamannya, Kamis (03/11/2022), dengan menggunakan kursi roda, Sukardi memilih bambu bahan casing yang akan diproduksinya.

Bambu yang sudah dipotong tersebut, langsung di belah tipis-tipis. Selanjutnya bambu kering tersebut, langsung dihaluskan dengan amplas agar tidak tajam dan berbahaya. Mengikuti pola handphone yang akan dibuat, bentuk dan ukuran disesuaikan. Mulai dipotong hingga dijadikan satu papan halus menggunakan lem kayu.

Selain disambung dan diamplas dengan menggunakan alat bor dan pisau, Sukardi membentuk setiap lubang dan lengkuk tipe handphone yang akan diwadahi dalam casing unik tersebut. Terakhir, casing jadi  diberi perwarna bening untuk menjaga kesan mewah hingga tekstur bambunya.

Sukardi mengaku memulai membuat kreasi casing ini pertama kali saat casing istri rusak. Sang istri kemudian meminta Sukardi yang sehari hari menjadi pengrajin bambu membuatnya. Saat jadi, iseng diposting di media sosial ternyata peminatnya lumayan banyak. Tidak membuang peluang tersebut,dirinya langsung membuat lagi sesuai pesanan peminatnya.

“Awalnya hanya iseng membuat casing dari bahan bambu, karena casing hp istri saya rusak. Lha kok saya posting di medsos ternyata banyak peminatnya,” ungkap Sukardi kepada JTV.

Tidak hanya casing, pria ini memulai merambah tripod bambu. Setiap casing polosan dijual 80 ribu. Penyuka casing unik juga bisa memesan casing karakter sesuai keinginan dengan menambah ongkos 20 ribu saja. 

“Sedang tripod bambo saya kasih harga antara 120 ribu hinga 400 ribu, tergantung ukurannya,” imbuh Sukardi.

Bagaimana? Anda tertarik untuk tampil elegan dan klasik, bisa mencoba casing handphone berbahan bambo ini?. (ful/rok)