Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 26 Desember 2022, 15:37 WIB
Last Updated 2022-12-26T08:37:51Z
JombangPojok PituViewerViral

Libur Nataru, Exit Tol Bandarkedungmulyo Jombang Macet


JOMBANG - Padatnya arus lalu lintas di hari libur natal dan tahun baru (Nataru), membuat ribuan kendaraan yang melintas di Kabupaten Jombang, terjebak kemacetan panjang, pada minggu (25/12/2022) siang. Kondisi tersebut, salah satunya seperti terpantau di pintu keluar dari jalan tol di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Pantauan JTV di lokasi, kendaraan yang akan keluar dan masuk ke jalur arteri harus menunggu lama. Pasalnya, posisi pintu keluar ini berada di pertigaan Jalan Raya Arteri Surabaya - Madiun.

Dampaknya, untuk bisa keluar, kendaraan yang dari jalan tol harus melintas secara bergantian. Apalagi kemacetan panjang tak hanya terjadi di pintu keluar tol saja, tapi juga di jalan nasional yang berada tepat di depan pintu keluar tol.

Di jalur arteri ini, kendaraan yang bergerak dari Nganjuk ke arah Surabaya juga harus antri. Dari pintu Tol Bandarkedungmulyo Jombang, antrian kendaraan di jalur arteri ini mengular hingga SPBU Bandarkedungmulyo yang berjarak lebih dari 1,5  kilometer.

Kanit Turjawali Polres Jombang, IPTU Aly Efendi mengatakan, kepadatan arus lalu lintas di wilayah Kecamatan Bandarkedungmulyo ini terjadi akibat tingginya volume kendaraan. Pasalnya, pada momen libur nataru ini, banyak masyarakat yang memilih mengisi waktu liburnya dengan bepergian ke berbagai kota.

“Kepadatan arus lalu lintas di Bandarkedungmulyo ini karena tingginya volume kendaraan. Warga memilih bepergian ke luar kota pada libur nataru tahun ini,” jelas IPTU Aly Efendi.

Akibatnya, kendaraan menumpuk di wilayah Kecamatan Bandarkedungmulyo yang menjadi titik pertemuan arus kendaraan dari tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Kediri.

Untuk mengatasi hal ini, Satlantas Polres Jombang memastikan telah mengerahkan seluruh anggota untuk melakukan penguraian  kendaraan agar tidak tersendat. (ful/rok)