Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 26 Desember 2022, 15:38 WIB
Last Updated 2022-12-26T08:38:23Z
Politik | PemerintahanPotensi DaerahViewerViral

Pasar Wisata Bojonegoro Akan Beroperasi Awal Januari 2023


BOJONEGORO - Setelah diresmikan pada tanggal 7 januari 2022 lalu, Pasar Wisata Banjarejo, Kabupatren Bojonegoro, akan mulai beroperasi pada awal Januari 2023 mendatang. Menjelang pembukaan pasar wisata, pihak Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Bojonegoro menggelar pasar murah dan gelar produk UMKM selama 4 hari.

Pasar murah tersebut, langsung diserbu warga dari berbagai daerah di Bojonegoro. Mereka datang untuk membeli kebutuhan pokok serta berbagai keperluan rumah tangga lainnya.

Pasar Wisata Bojonegoro, memiliki kapasitas 1.510 lapak. Nantinya, pasar ini akan diprioritaskan untuk para pedagang lesehan yang berjualan di jalan Pasar Lama Bojonegoro Kota. Setelah seluruh pedagang lesehan tertampung, baru kemudian dibuka untuk pedagang umum.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Kabupaten Bojonegoro, Sukaemi. Dari sebanyak 720 pedagang lesehan di Pasar Bojonegoro Kota yang terdaftar. Saat ini hampir 400 pedagang yang sudah mendaftar untuk menempati stand di Pasar Wisata.

“Pasar Wisata Bojonegoro ini akan mulai beroperasi awal Januari 2023. Pertama, kami akan prioritaskan pedagang lesehan di Pasar Lama Bojonegoro Kota untuk berjualan disini,” ungkap Sukaemi kepada JTV, Senin (26/12/2022).

Sukaemi menambahkan, untuk mendapatkan lapak di pasar wisata, pedagang tidak perlu membeli stand. Mereka hanya diwajibkan membayar biaya sewa tiap bulannya.

“Jadi untuk pedagang di Pasar Wisata tidak perlu beli stand. Karena ini sistemnya sewa bulanan,” imbuh Sukaemi.

Selain itu, pada 3 bulan pertama, yakni mulai januari hingga maret 2023, para pedagang dibebaskan biaya sewa. Mereka baru akan dikenakan biaya sewa pada bulan april 2023. (edo/rok)