Iklan

Sketsa Bengawan
Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB
Last Updated 2022-12-03T07:57:25Z
BojonegoroEdukasi | BudayaPotensi DaerahViewerViral

Mengenal Dalang Cilik Berprestasi Asal Bojonegoro


BOJONEGORO - Kabupaten Bojonegoro memiliki warga berprestasi di bidang kesenian. Salah satunya adalah Alkhalifi Naufal Zulfadhli Nizam, 10 tahun, dalang cilik berprestasi asal Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

Anak yang masih menduduki bangku Sekolah Dasar (SD) itu menyukai wayang sejak dirinya masih balita. Putra kedua dari pasangan Puthut Wahyu Murtiawan dan Isnawati Rofiatin tersebut, memang sudah berdarah kebudayaan dari kakek neneknya.

Neneknya yang bernama Siti Wahyuni, merupakan sinden pada era 1980 an. Bukan hal yang lazim jika Naufal memiliki jiwa kesenian sejak ia balita.

Seiring bertambahnya usia, ia mulai dikenal dan sudah diundang ke sebuah acara sebagai dalang. Tak hanya tampil di Bojonegoro, Naufal berkesempatan untuk tampil di pekan wayang Jawa Timur bersama puluhan dalang cilik dari berbagai daerah.

“Ya memang karena dari leluhurnya sudah punya darah seni, jadi wajar kalau Naufal punya jiwa seni sejak kecil,” terang Isnawati Rofiatin saat ditemui JTV, Sabtu (03/12/2022).

Sementara itu Naufal mengaku bahwa, dirinya memang bercita-cita untuk menjadi dalang. Hingga kini ia sendiri sudah mengoleksi sebanyak 200 karakter wayang yang hampir setiap hari ia memainkan di rumah.

“Sejak kecil bercita-cita sebagai dalang. Ini dirumah saya punya koleksi 200 karakter wayang,” jelas dalang cilik berprestasi tersebut. (lim/rok)