Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 22 Desember 2022, 15:54 WIB
Last Updated 2022-12-22T08:54:13Z
Edukasi | BudayaJombangPojok PituViewerViral

Tangis Haru Wargai Aksi Cuci Kaki Peringatan Hari Ibu di Jombang


JOMBANG - Aksi peringatan Hari Ibu yang digelar Taman Kanak-Kanak (TK) At-Tin, di Dusun Dempok, Desa Sidomulyo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Kamis (22/12/2022) berlangsung haru. Para ibu tak kuasa meneteskan air mata saat kakinya dibasuh anak mereka.

Pantauan JTV di lokasi, anak-anak membasuh dan mencuci kaki ibunya masing-masing dengan senang hati hingga beberapa lama. Sementara ibunya memanjatkan doa agar kelak anaknya menjadi orang yang baik, berbakti kepada agama, nusa dan bangsa.

Saat memanjatan doa dan harapan kepada Allah SWT, tangisan para ibu pecah. Tanpa disadari air mata para ibu jatuh membasahi pipi hingga berkali-kali menyeka dengan tangannya.

Kholais, salah satu orangtua mengaku terharu dengan kegiatan peringatan hari ibu tahun ini. Sambil berdoa Ia berharap anaknya menjadi anak yang sholih atau solihah. Sekaligus berguna bagi nusa dan bangsa.

“Tangis ini sebagai bentuk ketulusan doa untuk anak anak saya yang kelak akan menjadi penerus kami,” jelas Kholais.

Sementara itu, Kepala Paud dan TK At-Tin, Syamsul Hadi mengatakan, peringatan hari ibu sengaja digelar lembaga pendidikan ini untuk menanamkan akhlaq terhadap anak-anak sejak usia dini. Sedangkan alasan memilih acara membasuh kaki ibu karena sabda nabi Muhamad SAW, surga berada di telapak kaki ibu.

“Membasuh kaki ibu merupakan bagian bakti dan hormat anak-anak kepada ibunya,” tegasnya.

Selain acara membasuh kaki ibu, dalam peringatan hari ibu kali ini juga digelar acara-acara lainnya. Diantaranya fashion show dan lomba menyanyi anak anak. (ful/rok)