Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 18 Januari 2023, 15:45 WIB
Last Updated 2023-01-18T08:45:22Z
NgawiPojok PituViewerViral

Sambut Imlek, Umat Tri Dharma di Ngawi Bersihkan Patung Dewa


NGAWI - Sejumlah warga keturunan tionghoa di Kabupaten Ngawi, mulai melakukan pembersihan terhadap patung dewa yang ada di tempat ibadah tri dharma Shien Hien Kiong setempat. Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut tahun baru imlek 2574 kongzili, yang jatuh pada 22 januari tahun 2023 mendatang.

Salah satu pengurus tempat ibadah Shien Hien Kiong, Hari Prionggo atau Lo Hay Leong mengaku, kurang lebih ada 15 patung dewa yang dibersihkan. Selain itu juga dilakukan penataan altar, lilin, serta persiapan persembahan.

Menurutnya, jumlah umat di tempat peribadahan tersebut yang nantinya melakukan sembahyang ada sekitar 50 orang.“Pelaksanaannya sendiri dilakukan mulai hari sabtu mendatang atau saat menjelang perayaan hari raya imlek,yang jatuh pada tanggal 22 januari 2023,” kata Lo Hay Leong kepada JTV, Rabu (18/01/2023).

Disamping itu, tidak ada pembatasan dalam pelaksanaan ibadah nantinya. Hal ini seiring dengan mulai melandainya pandemi covid-19, meski begitu sarana protokol kesehatan seperti cuci tangan tetap disiapkan.

Sementara dalam tahun baru imlek ini ber shio kelinci air. Warga keturunan tionghoa meyakini merupakan harapan yang bagus maka harus di sambut dengan penuh kesenangan. Terlebih dengan melandainya pandemi covid-19 maka harapan kembali untuk bangkit dalam segala hal sangat tinggi. (ito/rok)