Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 21 Februari 2023, 15:30 WIB
Last Updated 2023-02-21T08:30:25Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Polres Tuban Tangkap Komplotan Pencuri Kabel Senilai Ratusan Juta


TUBAN - Satreskrim Polres Tuban menangkap empat pelaku komplotan pencuri kabel optik dan kabel listrik di Area Galeri Batubara PT. Semen Indonesia, Desa Karangasem, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Pelaku masing-masing adalah Irawan, Darjo, Tarmin, dan Nurkholis, warga sekitar perusahaan setempat.

Ironisnya, dua pelaku merupakan security perusahaan yang seharusnya bertugas menjaga seluruh aset. Pencurian dilakukan para pelaku pada pertengahan Februari 2023 lalu. Irawan dan Darjo yang merupakan orang dalam berperan sebagai otak sekaligus memastikan situasi aman. Aksi pencurian pun dijalankan secara leluasa tanpa takut ketahuan.

Menurut Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP M Gananta, kasus ini terbongkar setelah perusahaan melapor kepada pihaknya. Berdasarkan penyelidikan, pelaku pencurian berjumlah lima orang. Empat pelaku berhasil ditangkap pada 17 februari 2023 lalu, sementara satu lainnya masih dalam pengejaran.

“Pencurian ini melibatkan orang dalam, yaitu satpam yang ada di Semen Indonesia tersebut. Yang dicuri kabel optik dan beberapa kabel aliran listrik harganya 225 juta rupiah,” terangnya kepada JTV, rabu (21/02/2023).

Sebagai barang bukti, polisi turut mengamankan potongan kabel dan dua unit sepeda motor yang digunakan para pelaku beraksi. Aksi pencurian ini bukan kali pertama, komplotan ini telah berulang kali menggasak berbagai jenis kabel di sekitar lokasi dengan kerugian mencapai 225 juta rupiah.

“Pelaku sudah berkoordinasi dengan pihak satpam sehingga selama ini mereka aman. Ada 1 orang DPO. pencurian kabel dilakukan lebih dari 1 kali,” imbuh Kasat Reskrim Polres Tuban.

Kini, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya empat pelaku kini harus mendekam dalam sel tahanan Mapolres Tuban. Mereka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP. (dzi/rok)