Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 14 Februari 2023, 15:41 WIB
Last Updated 2023-02-14T08:41:27Z
Edukasi | BudayaNgawiPojok PituViewerViral

Tradisi Keduk Beji di Ngawi, Upaya Lestarikan Sumber Air


NGAWI - Masyarakat Desa Pacing, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi masih tetap melestarikan kegiatan budaya dan tradisi keduk beji. Kegiatan yang sudah turun temurun dilakukan ini sebagai upaya dalam melestarikan sumber air, yang menjadi sumber kehidupan masyarakat.

Kegiatan tersebut digelar di Sendang Yuyu Rumpung, Selasa (14/02/2023) diikuti ratusan warga setempat. Tradisi keduk beji ini juga dihadiri langsung Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono.

Pantauan JTV di lokasi, dengan dimulai melakukan kegiatan sedekah bumi dan upacara adat, sesepuh desa mulai melakukan pembersihan terhadap air sendang. Selanjutnya di ikuti oleh puluhan masyarakat sekitar yang turut ikut masuk ke area sendang.

Kepala Desa Pacing, Digdo Budi Santoso menyatakan, tradisi keduk beji telah dilakukan secara turun temurun oleh nenek moyangnya. Kegiatan ini juga menjadi wujud syukur warga kepada tuhan yang maha esa terhadap hasil bumi yang didapat.

“Sumber air ini telah sangat membantu masyarakat mulai dari mencukupi kebutuhan air bersih hingga pertanian,” jelasnya disela-sela acara.

Tradisi keduk beji di desa pacing ini juga mendapat suport dari Pemerintah Kabupaten Ngawi yang diharapkan dengan menjaga tradisi dalat melestarikan alam bisa menjadi wisata budaya masyarakat. Sehingga pentingnya menjaga kelestarian alam dengan tradisi masyarakat harus tetap dipertahankan. (ito/rok)