Iklan Beranda

Redaksi JTV
Kamis, 13 April 2023, 15:02 WIB
Last Updated 2023-04-13T08:02:56Z
BojonegoroHukum | PeristiwaViewerViral

Diduga Keracunan Pestisida, Petani di Bojonegoro Ditemukan Meninggal Dunia di Sawah


BOJONEGORO - Seorang petani di Desa Sumuragung, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro ditemukan tewas di sawah miliknya, Kamis (13/04/2023). Korban diduga tewas karena keracunan pestisida miliknya sendiri.

Korban diketahui bernama bernama Siman (61) warga setempat. Ia ditemukan pertama kali oleh tetangganya bernama Roziq sekitar pukul 06.30 WIB.

Kapolsek Kepohbaru, Iptu Imam Thohari menjelaskan, korban ditemukan oleh tetangganya di pematang sawah miliknya dengan posisi sujud menghadap ke barat. Selain itu ditemukan juga jirigen pompa obat pestisida yang tidak jauh dari posisi korban.

"Ditemukan oleh tetangganya, dengan posisi sujud menghadap ke barat. Ada jeriken pompa obat pestisida agak jauh dari posisi korban," ujarnya kepada JTV.

Iptu Imam Thohari menambahkan, mengetahui korban dengan posisi seperti itu, Roziq akhirnya mengajak dua temannya yakni Kamari dan Kisnoko untuk mendekati korban. Namun, ternyata korban telah meninggal dunia. Selanjutnya, kejadian ini dilaporkan kepada pemerintah desa dan polsek setempat.

Dari hasil keterangan pihak keluarga, korban diketahui berangkat ke sawah dalam keadaan mengeluhkan sakit kepala. Namun, tetap berangkat untuk nyemprot hama padi. Selain itu, korban juga mempunyai riwayat penyakit asma. 

"Korban sakit kepala infonya. Disarankan pula sama istrinya untuk pakai masker namun menolak dan menyemprot padi dengan pestisida. korban juga memiliki penyakit asma, jadi ini mungkin menghirup banyak bau pestisida," tutupnya. (lim/rok)