Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 29 April 2023, 15:39 WIB
Last Updated 2023-05-01T08:56:11Z
Edukasi | BudayaTubanViewerViral

Lebaran Ketupat, Warga Satu Desa di Tuban Ikuti Tradisi Mandi di Laut


TUBAN - Lebaran ketupat dirayakan warga Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, dengan cara berbeda. Warga satu desa tumpah ruah mengikuti tradisi dus-dusan atau mandi air laut di desa setempat, sabtu (29/04/2023).

Tradisi ini digelar satu tahun sekali saat lebaran ketupat atau satu minggu setelah Hari Raya Idul Fitri. Budaya turun temurun ini, diyakini dapat menghilangkan penyakit dan bahaya bagi para nelayan yang melaut.

Pantauan di lokasi, sejak pagi warga silih berganti datang ke laut untuk mandi bersama anggota keluarganya. Anak-anak hingga orang dewasa, tumpah ruah menceburkan diri dan mandi bersama di tepi laut desa setempat.

Tradisi tahunan ini, berlangsung hanya dalam hitungan jam. Menurut warga, mandi di laut usai kenduri kupatan di masjid ini dipercaya membawa keberkahan, kesehatan dan keselamatan bagi mereka dan keluarga.

“Biasanya warga disini kalau pas hari raya ketupat pasti mandi di laut semua. Kayak tolak balak. Kesini sama keluarga,” ungkap Mutia, warga setempat.
 
Selain sebagai ajang silaturahmi dan meluapkan kegembiraan, mandi air laut diyakini dapat menyehatkan tubuh sekaligus menjadi tolak-balak.

“Tadi habis kupatan langsung mandi di laut. Ini sudah tradisi dari dulu,” terang Mbah Sutri, warga lain.


Sebelum mandi massal, warga terlebih dahulu datang ke Masjid Asmoroqondi di desa setempat untuk melaksanakan kenduri kupatan. Seperti kenduri pada umumnya, mereka membaca yasin dan tahlil serta membawa makanan khas lebaran lebaran ketupat, seperti ketupat, lepet, opor ayam, serta lauk-pauk lainnya.

Setelah doa bersama, makanan ini kemudian dimakan bersama-sama. “Tradisi mandi dan kenduri ketupat ini merupakan tradisi turun-temurun sejak lelulur kita dulu. Ini kearifan lokal yang harus terus dijaga dan dilestarikan,” tegas Sukardi, Kepala Dusun Gesikharjo.

Dengan tradisi ini, warga bersama-sama berdoa agar allah senantiasa memberikan kesehatan, dijauhkan dari bahaya dan penyakit serta mendapat keberkahan. (dzi/rok)