Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 16 Juni 2023, 15:47 WIB
Last Updated 2023-06-17T08:20:30Z
BojonegoroEdukasi | BudayaPolitik | PemerintahanViewerViral

Pemkab Bojonegoro Gelar Ruwatan Massal Gratis Untuk Warga


BOJONEGORO - Untuk menjaga tradisi dan melastarikan budaya turun-temurun, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro akan menggelar ruwatan murwakala massal gratis untuk warga setempat.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Wisata Kayangan Api, Desa Sumberharjo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro 19 juli 2023 mendatang. Ruwatan murwakala ini, akan diiringi dengan pagelaran wayang kulit, yang akan dibawakan oleh dalang kondang Ki Sunyoto.

Ruwatan massal merupakan agenda rutin yang gelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro setiap tahunnya. Acara ini merupakan rangkaian upacara tradisi jawa yang bertujuan membersihkan diri atau mensucikan diri agar terhindar dari marabahaya dan bisa hidup sejahtera.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Deny Ike Kirmayanti mengatakan, ruwatan murwakala sudah menjadi icon setiap tahunnya. Tahun ini kegiatan akan digelar 19 juli 2023 atau bertepatan dengan tanggal 1 suro.

“Ruwatan diperuntukan bagi warga Bojonegoro yang dibatasi hanya untuk 100 peserta. Ruwatan murwakala, bertujuan melestarikan seni tradisi jawa yang ada di Bojonegoro pada khususnya,” jelasnya kepada JTV, Jumat (16/06/2023).

Bagi masyarakat Bojonegoro yang akan mengikuti ruwatan masal, bisa mendaftar secara online. Pendaftaran dibuka pada tanggal 19 juni hingga 7 juli 2023 mendatang dengan syarat mengumpulkan foto kopi KTP dan kartu keluarga. (edo/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News