Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 09 Juni 2023, 15:56 WIB
Last Updated 2023-06-12T07:43:27Z
Edukasi | BudayaQurbanTubanViewerViral

Persiapan Idul Adha, Pemkab Tuban Latih 80 Juru Sembelih Halal


TUBAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten setempat, menggelar pelatihan juru sembelih halal dan pelatihan penanganan daging, di rumah potong hewan ruminansia (RPH-R), Kelurahan Mondokan, Kecamatan Tuban Kota,  Kabupaten Tuban, Kamis (08/06/2023).

Pelatihan dalam rangka persiapan hari raya kurban ini diikuti sedikitnya 80 peserta yang terdiri dari takmir masjid di wilayah Kabupaten Tuban. Dalam pelatihan ini, peserta dilatih tentang tata cara menyembelih hewan yang halal sekaligus cara memotong daging yang baik.

Asesor bidang juru sembelih halal dan butcher, Hardi mengatakan, selain diajari secara teori, perwakilan peserta juga diminta melakukan praktik langsung. Mulai dari penyembelihan hingga pemotongan dan penanganan daging kurban yang baik.

“Ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan petugas penyembelihan yang profesional menjelang hari raya kurban. Dengan pelatihan juru sembelih halal dan penanganan daging ini, nantinya akan didapatkan daging yang halal dan thayyib,” jelasnya kepada JTV.

Pelatihan ini, disambut antusias oleh para peserta. Tarsiman, peserta perwakilan dari Masjid Asmoro Qondi Kecamatan Palang, Tuban mengatakan, jika pelatihan juru sembelih halal ini sangat penting, karena itu untuk standart halal dan tidaknya suatu makanan.

“Dengan banyaknya juru sembelih halal yang dilatih, maka penyembelihan yang asal-asalan akan semakin berkurang dan semakin banyak pula masyarakat yang tahu tentang tata cara menyembelih yang baik dan benar,” pungkasnya. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News