Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 23 September 2023, 15:43 WIB
Last Updated 2023-09-23T08:43:19Z
NgawiPojok PituViewerViral

Ribuan Kayu di TPK Perhutani Ngawi Terbakar


NGAWI - Tempat penimbunan kayu (TPK) di Rayon Pemangku Hutan Banjarejo, KPH Ngawi terbakar, Jumat (22/09/2023) malam.

Pantauan JTV di lokasi, ribuan gelondong kayu jenis mahoni hasil hutan di wilayah Perhutani Ngawi, petak 49 blok rimba, Desa Banjarbanggi, Kecamatan Pitu ludes dilalap si jago merah. Bahkan pohon jati yang masih usia tua yang masih berdiri juga ikut terbakar.

Mendapati laporan kebakaran, tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Ngawi diterjunkan ke lokasi kejadian. Namun, kobaran api yang terus membesar membuat petugas kewalahan menjinakkan api.

Tiupan angin kencang serta material kayu yang sudah kering membuat kobaran api makin membesar.

Kapolsek Pitu Ngawi, Akp Karno mengatakan, titik api pertama kali muncul dari luar pagar TPK, diduga berasal dari ilaran yang terbakar kemudian merambat ke tempat penimbunan kayu.

“Kondisi kayu yang sudah kering membuat api dengan cepat merambat ke tumpukan yang lain. Api baru bisa dipadamkan lima jam kemudian oleh petugas pemadam kebakaran,” ujar Karno.

Belum diketahui jumlah kerugian akibat dari kebakaran di TPK Banjarejo tersebut, karena masih menunggu tim analisa dari Madiun. Sejumlah petugas dari perhutani masih disiagakan di lokasi untuk mengantisipasi adanya kebakaran susulan. (ito/rok)