Iklan Beranda

Redaksi JTV
Jumat, 22 September 2023, 18:53 WIB
Last Updated 2023-09-22T11:53:15Z
Politik | PemerintahanTubanViewerViral

Road Show Jelang Pemilu 2024, PAN Gelar Silaturahmi dengan Muhammadiyah Tuban

 
Silaturahmi PAN dengan Muhammadiyah Tuban di Gedung Dakwah Muhammadiyah Tuban, Jumat (22/09/2023) sore.
TUBAN – Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar road show bertajuk satu kata satu hati di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Pada Jumat (22/09/2023) sore, kegiatan yang dikomandoi oleh Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Riski Sadig ini digelar di Gedung Dakwah Muhammadiyah Tuban.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPW PAN Jatim bersama pengurusnya serta DPD PAN Tuban menggelar silaturahmi dengan jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tuban. Ahmad Riski Sadig mengungkapkan, kegiatan ini digelar untuk penyamaan rasa, langkah, pikiran dan tujuan didalam menyambut pemilu 2024.

“Kita juga meminta nasehat ormas-ormas keagamaan, baik dari Muhammadiyah, NU maupun MUI serta tokoh-tokoh masyarakat yang bisa kami temui. Di Tuban ini sudah Kabupaten/Kota ke 31 dari 38. Sisanya akan kita selesaikan bulan September ini,” terang anggota DPR RI Dapil Jatim VI ini.

Lanjut Riski Sadig, Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah memiliki banyak amal usaha sehingga memiliki banyak kader potensial. Untuk itu, pihaknya menawarkan jika ada kader Muhammadiyah yang punya keinginan terjun di dunia politik bisa maju lewat PAN. 

Sementara itu, Ketua DPW PAN Jatim ini menargetkan bisa mendapat minimal 1 kursi di setiap dapil. “Target kursi kita tidak berlebihan. Di Jatim kita target 1 dapil minimal 1 kursi. Ini upaya kami untuk bisa memberikan bantuan kepada rakyat agar bisa maksimal. Karena representasi dari politik itu adalah adanya kursi di setiap dapil,” imbuhnya menegaskan.

Sementara itu, DPD PAN Tuban, Mashadi mengungkapkan, silaturahmi pihaknya dengan Muhammadiyah Tuban ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan sinergi. Menurutnya, hubungan yang baik antara PAN dengan Muhammadiyah yang sudah terjalin selama ini, diharapkan bisa mendongkrak perolehan kursi PAN pada pemilu 2024 mendatang.

“Kita membangun silaturahmi karena hubungan kita dengan Muhammadiyah mesra. Semoga ini bisa menjadi kekuatan kami untuk bisa menambah kursi di Tuban. Kursi DPRD di Tuban hanya 3 kursi (Pemilu 2019), dan harapan kami pada Pemilu 2024 minimal setiap dapil terisi, minimal 5 kursi,” jelas Mashadi usai acara.

Dalam kesempatan ini, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tuban, Masrukin mengatakan, secara organisasi Muhammadiyah bersikap netral. Namun, setiap personal boleh mendukung calon manapun dari partai manapun. 

Meski demikian, Masrukin mewanti-wanti agar warga Muhammadiyah Tuban mendukung calon yang benar-benar komitmen mendukung dakwah dan kemajuan Muhammadiyah.

“Seperti saya harus netral, tapi masing-masing anggota boleh mendukung secara personal. Karena kalau kita punya wakil, tentu juga akan banyak membantu membesarkan muhammadiyah,” tegasnya.

“Kalau jadi jangan sampai lupa dengan Muhammadiyah, karena Muhammadiyah suatu organisasi beramal. Dan inilah tempat beramal kita. Khususnya untuk teman-teman PAN,” ujar Masrukin. 

Selain silaturahmi dengan Muhammadiyah Tuban, DPW PAN Jatim juga akan menggelar konsolidasi dengan DPD PAN Tuban. (dzi/rok)