Iklan Beranda

Redaksi JTV
Selasa, 24 Oktober 2023, 13:19 WIB
Last Updated 2023-10-25T08:07:06Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Pabrik Mebel Kayu di Tuban Terbakar, Api Diduga Berasal Dari Tungku Masak

 
Kebakaran hebat melanda sebuah pabrik kayu di Tuban, Senin (23/10/2023).
TUBAN - Kebakaran hebat melanda sebuah pabrik mebel kayu di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Senin (24/10/2023) sore. Cuaca panas disertai angin kencang membuat api dengan cepat membesar dan membakar tumpukan limbah kayu kering.

Warga yang mengetahui kejadian ini langsung berteriak minta tolong dan menghubungi petugas pemadam kebakaran Kabupaten Tuban. Beruntung, petugas beserta tiga unit mobil damkar segera tiba di lokasi kejadian, sehingga api tidak merembet ke bagian lain.

Pantauan JTV di lokasi, petugas damkar dibantu warga setempat berhasil memadamkan api 40 menit kemudian. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran ini, karena saat kejadian, pabrik mebel kayu ini sedang libur. 

Pemilik pabrik mebel kayu, Sujono mengatakan, tidak mengetahui penyebab pasti kebakaran ini, karena saat kejadian ia sedang tidak ada di lokasi. Namun, ia bersyukur karena yang terbakar hanya limbah kayu saja.

“Saya pas di rumah, dapat kabar langsung kesini. Tadi itu pas libur. Alhamdulillah yang terbakar hanya kayu limbah,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Damkar Tuban, Sutaji mengungkapkan, dugaan sementara penyebab kebakaran ini berasal dari tungku bekas pembakaran. Sebab, di area tersebut ditemukan panci yang meleleh. 

“Dugaan sementara berasal dari tungku bekas memasak. Saat kejadian kondisi angin berhembus dari timur ke barat, sehingga percikan api merembet dan membakar tumpukan limbah kayu,” ungkapnya.

Pihak damkar mengimbau kepada pemilik pabrik mebel agar menempatkan penjaga untuk memantau lokasi usahanya. Selain itu, juga disediakan alat pemadam ringan atau apar, agar jika terjadi kebakaran bisa dilakukan upaya darurat. (dzi/rok)
Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News