Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 30 Oktober 2023, 16:52 WIB
Last Updated 2023-10-31T06:28:10Z
BojonegoroEdukasi | BudayaPolitik | PemerintahanViewerViral

Tokoh Agama-Ulama Apresiasi Pawai Ta’aruf Santri di Bojonegoro


BOJONEGORO - Pawai ta’aruf santri dalam rangka perayaan Hari Santri Nasional yang digelar di Alun-alun Kota Bojonegoro, Minggu (29/10/2023) malam, mendapat apresiasi dari kalangan ulama dan tokoh agama setempat.

Menurut mereka, kegiatan ini menunjukan bahwa Pemkab Bojonegoro mengakui eksistensi dan peran para santri bagi kemajuan negara dan bangsa.

“Pemerintah Bojonegoro saya lihat sangat mendukung kegiatan ini. Ini sebagai bentuk pengakuan pemerintah dengan adanya peran para santri dari masa lampau, sekarang dan masa depan,” tegas Tokoh Agama Bojonegoro, Muhammad Syofiullah.

Lanjutnya, kegiatan pawai taaruf santri ini bisa memberikan semangat pada santri. Bahwa mereka salah satu generasi yang diperhitungkan.

“Dulu mereka dianggap sebelah mata tapi dengan adanya hari santri dan kirab santri ini mereka menjadi generasi yang sudah diakui eksistensinya,” imbuhnya.

Dalam pawai ta’aruf ini, ribuan santri dari berbagai pondok pesatren di Bojonegoro turut memeriahkan acara ini. Mereka bersama-sama berjalan sembari melantunkan shalawat nabi.

Dengan tema jihad santri jayakan negeri, pawai ta’aruf santri ini dimulai dengan berjalan kaki dari Jalan Mas Tumapel, kemudian menuju ke Jalan Mastrip, Jalan MH Thamrin, lantas ke Jalan Panglima Sudirman, dan kembali finish di depan Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro.

Sementara itu, Ketua MUI Bojonegoro sekaligus Pengasuh PP Al-Rosyid Bojonegoro, Alamul Huda mengungkapkan, kegiatan ini bisa menjadi awal kebersamaan pemerintah dan santri untuk menuju Indonesia yang lebih maju.

“Hari santri ini bukan hanya milik para santri tapi sudah masuk hari nasional. Jadi sudah seharusnya pemerintah melaksanakan kegiatan hari santri ini dari Kemenag, Pemkab dan para santri menjadi satu di Bojonegoro,” katanya.

“Ini merupakan wujud kebersamaan menuju Indonesia yang lebih baik. Kami sangat mengapresiasi dan semua santri saya ikut sertakan semua. Antrusiasme warga juga sangat bagus,” imbuhnya menegaskan.

Pawai ta’aruf santri dalam rangka perayaan hari santri nasional yang digelar di Alun-alun Kota Bojonegoro, ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Bojonegoro. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News