Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 25 November 2023, 15:44 WIB
Last Updated 2023-11-29T07:35:50Z
BojonegoroPemiluPolitik | PemerintahanViewerViral

KPU Bojonegoro Sinergi dengan Jurnalis Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024


BOJONEGORO - Menjelang masa kampanye, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro bersinergi dengan para jurnalis di wilayah setempat untuk mensosialisasikan tahapan pemilu tahun 2024. Harapannya agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan sukses dengan target partisipasi pemilih diatas 77,5 persen.

Kegiatan tersebut digelar di Hall Dewarna Jalan Veteran, Kabupaten Bojonegoro. KPU setempat mengajak kalangan jurnalis dari berbagai organisasi wartawan, mulai dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang ada di wilayah setempat. 

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM), Mustofirin menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan pemilihan umum yang berkualitas, maka peran serta media dinilai amatlah penting. 

Bahkan, tidak hanya sekedar pada ranah sosiliasasi tahapan pemilu saja, namun juga mampu memberikan edukasi kepada masyarakat, sekaligus berkontribusi nyata dalam mewujudkan pemilih cerdas, profesional dan mandiri.

“Lebih dari itu, peran serta media yang dalam hal ini adalah kalangan jurnalis, dapat menjadi pilar penting dalam penyelenggaraan pemilihan umum yang sukses, dengan angka partisipasi pemilih yang tinggi,” tegasnya kepada JTV, Sabtu (25/11/2023).

Mustofirin menambahkan, pada pemilu kali yang dijadwalkan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang, pihaknya juga menargetkan angka partisipasi pemilih dapat mencapai target diatas angka yang dicanangkan KPU RI, yakni 77,5 persen. 

Hal ini, mengingat pada gelaran pemilu sebelumnya, partisipasi pemilih di Bojonegoro mampu mencapai lebih dari 80 persen dari jumlah pemilih tetap sebanyak 1.033.836 pemilih. 

“Jumlah partisipasi pemilih yang tinggi ini, diharapkan juga dapat dipertahankan pada pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2024 ini,” imbuhnya.

Diketahui saat ini, tahapan pemilu serentak tahun 2024 sudah memasuki tahap persiapan logistik, serta menuju masa kampanye. Dimana untuk tahap kampanye akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga menjelang masa tenang 10 februari 2024 mendatang. (lim/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News