Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 25 November 2023, 15:44 WIB
Last Updated 2023-11-29T07:36:25Z
Edukasi | BudayaLamonganViewerViral

Tangis Haru Warnai Momen Hari Guru Nasional di Lamongan


LAMONGAN - Sejumlah kegiatan digelar untuk memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November 2023. Di Kabupaten Lamongan, sejumlah siswa dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Desa Plumpang, Kecamatan Sukodadi, memberikan kejutan kepada seorang guru yang dinilai mempunyai jasa besar, Sabtu (25/11/2023). 

Guru tersebut adalah Khamim. Selain menjadi guru, Khamim juga menjadi tukang kebun di lembaga pendidikan setempat. Pengabdiannya di MI setempat, dinilai sangat besar. 

Pantauan JTV di lokasi, oleh perwakilan siswa dan guru setempat, Khamim yang dikenal hidup sederhana dibawakan sejumlah bingkisan. Setibanya di rumah sang guru, para siswa langsung melakukan sungkeman. 

Prosesi sakral ini diwarnai isak tangis para siswa dan guru. Para siswa menilai jasa Khamim sangat besar di lembaga pendidikan tempat mereka menimba ilmu. Para siswa berharap, pemerintah lebih memperhatikan nasib guru-guru lembawa swasta di kawasan pedesaan. 

“Pak Khamim ini orang sederhana dan sudah lama mengabdi di sekolah kami. Kami harap pemerintah juga memikirkan guru kami yang gaji tidak seberapa,” tegas Bilqis Akbar Riskia, siswa MI setempat.

Sementara itu, Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Plumpang, Langgeng Prianto mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengabdian Khamim. Khamim merupakan salah satu guru sekaligus penjaga sekolah dengan pengabdian terlama di lembaga pendidikan setempat. 

“Beliau ini punya jasa besar di sekolah kami. Selain jadi guru beliau juga menjadi penjaga sekolah,” ungkap Langgeng Prianto. (fli/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News