Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 29 November 2023, 15:44 WIB
Last Updated 2023-11-30T07:33:15Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanPotensi DaerahViewerViral

Pancaroba, Peternak di Bojonegoro Diimbau Waspada Serangan Penyakit Pada Ternak


BOJONEGORO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan setempat mengimbau kepada para peternak untuk mewaspadai berbagai serangan penyakit yang mengintai hewan ternak.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, drh. Luthfi Nurahman mengatakan, musim pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim penghujan membuat ternak rawan terserang penyakit. Salah satunya bovine ephemeral fever atau BEF.

“Jika sapi atau kambing terkena bef, biasanya akan mengalami demam 3 hari, tidak ada nafsu makan, nafas terengah engah dan mengalami kaki pincang,” terangnya kepada JTV, Rabu (29/11/2023).

Untuk itu, para peternak diimbau untuk memberikan makanan dan minum yang cukup, serta diberikan asap atau belerang guna mencegah serangga penyakit.

“Selain itu juga PMK patut diwaspadai, tapi kalau ada PMK kita bisa langsung tangani dan lakukan vaksinasi,” imbuh Luthfi Nurahman

Selain itu juga, Dinas Peternakan dan Perikanan bojonegoro juga mengimbau peternak unggas, untuk mewaspadai penyakit menular yang berpotensi menyerang unggas di musim penghujan. Seperti penyalit newcastel disease (nd) atau tetelo, flu burung, serta penyakit pernafasan unggas. (edo/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News