Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 10 Januari 2024, 16:10 WIB
Last Updated 2024-01-10T09:10:20Z
JombangPemiluPojok PituPolitik | PemerintahanViewerViral

KPU Jombang Temukan Ribuan Surat Suara Pemilu Rusak


JOMBANG - Proses sortir dan pelipatan surat suara terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang. Kegiatan tersebut dilakukan di empat tempat, yaitu di Gor Merdeka, Gedung Tennis Indoor, Gudang Parimono, dan Gudang Mojosongo.

Dari hasil sortir dan pelipatan ini petugas menemukan ada ribuan kerusakan surat suara. Kerusakan bervariasi mulai dari adanya bercak warna di atasnya, robek dan hingga da pula yang kondisi kertasnya kusut. Mengenai tanda-tanda yang masuk kategori rusak, petugas sortir telah dibekali ciri-cirinya.

Ketua KPU Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi mengatakan, jumlah total surat suara yang rusak sampai hari ini mencapai 5.010 lembar dari 1 juta lembar surat suara yang telah disortir dan dilipat.

“Yang rusak sampai hari ini ada 5.010 lembar. Proses pelipatan sekarang masih berlangsung mulai dari DPRD Kabupaten, DPRD Propinsi, DPR RI, DPD hingga surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,” jelasnya kepada JTV, Rabu (10/01/2024).

Jumlah tersebut diperkirakan masih bisa bertambah mengingat proses penyortiran dan pelipatan surat suara masih belum selesai. Rencananya sortir dan pelipatan ini akan berlangsung hingga tanggal 30 Januari 2024 mendatang. (ful/rok)