Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 08 Januari 2024, 17:34 WIB
Last Updated 2024-01-08T10:34:48Z
NgawiPemiluPojok PituPolitik | PemerintahanViewerViral

Libatkan 250 Tenaga, KPU Ngawi Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024


NGAWI - Sebanyak 716.750 surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk pemilu 2024 mulai dilakukan sortir dan pelipatan. Pelaksanaan sortir dan pelipatan ini dilakukan di Gudang Bulog Keniten, Kecamatan Geneng, Ngawi, Senin (08/01/2024).

Ketua KPU Ngawi, Prima Aequina Sulistyanti menjelaskan, dalam pelaksanaan sortir dan pelipatan surat suara ini melibatkan 250 orang tenaga yang dibagi dalam 25 kelompok. Untuk pelipatan surat suara DPD RI ditargetkan selesai dalam 3 hari.

“Hari pertama sortir dan lipat ini sudah ditemukan beberapa surat suara yang rusak. Meliputi, kusut, robek, potongan yang tidak simetris, serta terdapat hasil pencetakan yang kurang maksimal,” jelasnya kepada JTV.

Selanjutnya, untuk surat suara yang rusak akan di sendirikan dan junlah kerusakan pada KPU Jawa Timur melalui aplikasi sistem informasi logistik (Silog), termasuk ke penyedia untuk mendapatkan pengganti.

Sementara itu, salah satu petugas lipat, Siti Syarifatu Nasfa mengaku baru pertama mengikuti pelipatan surat suara. Ia memanfaatkan waktu luang saat momentum liburan semester.

“Baru pertama ikut. Lumayan mas, buat tambahan uang jajan daripada libur,” ujarnya.

Hingga kini, untuk logistik surat suara yang telah diterima KPU Ngawi meliputi, surat suara DPD RI dan surat suara DPRD Ngawi. Sedangkan untuk surat suara DPRD Provinsi dan DPR RI serta Pilpres, diperkirakan akan diterima dalam beberapa hari kedepan. (ito/rok)