Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 30 Maret 2024, 15:39 WIB
Last Updated 2024-03-30T08:39:23Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanSketsa RamadhanViewerViral

Pj Bupati Bojonegoro Buka Festival Ramadhan Lomba Hadrah


BOJONEGORO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, menggelar festival ramadhan terdiri dari lomba hadrah dan lomba oklik. 


Rangkaian kegiatan hari pertama dimulai dengan lomba hadrah pada Jum’at (29/03/2024) malam, yang dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Nurul Azizah, Jajaran Forkopimda, dan Kepala OPD. 


Festival ramadhan lomba hadrah ini diikuti sedikitnya 40 peserta dari kecamatan se Kabupaten Bojonegoro. Sementara itu, lomba ini dibagi menjadi 2 hari sesi penampilan, yakni pada hari Jum’at dan hari Sabtu. 


Diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan bulan suci ramadhan 1445 hijriyah, sebagai pengungkit peningkatan ekonomi masyarakat berbasis kesenian, dan sebagai upaya pelestarian kesenian tradisi dan kesenian islami. 


Di festival ramadhan lomba hadrah ini, para peserta diberikan kesempatan selama waktu selama 10 menit, dan membawakan 2 lagu untuk dapat mereka tampilkan pada perfomance di hadapan para dewan juri. 


Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto mengatakan, kegiatan festival ramadhan seperti ini harus terus dilaksanakan, bahkan jika perlu ada ide ide baru dalam pengembangan kegiatan. 


“Kegiatan ini dapat menjadi potensi mengembangkan bakat serta kemampuan bagi para peserta,” tegasnya.


Nantinya peserta lomba dengan penampilan terbaik dan ditentukan menjadi juara oleh para dewan juri, akan mendapatkan hadiah berupa piala serta uang pembinaan. 


Pembukaan kegiatan ini secara simbolis ditandai dengan penabuhan alat musik hadrah secara bersamaan oleh Pj Bupati Bojonegoro bersama jajaran Forkopimda. (*/edo)