Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 30 Maret 2024, 15:40 WIB
Last Updated 2024-03-30T08:40:32Z
JombangPojok PituViewerViral

Ribuan Santri Ponpes Jombang Mudik Massal ke Kampung Halaman


JOMBANG - Puluhan bus berjajar menunggu santri di halaman Pondok Pesantren Gadingmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Sabtu (30/03/2024) pagi. Bus tersebut akan mengantarkan ribuan santri mudik ke kampung halaman untuk menikmati lebaran.

Wajah santri tampak senang dan bahagia bisa segera bertemu dengan keluarga di rumah. Mudik bareng santri ini digelar untuk tujuan Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Jawa Barat.

Termasuk Jabodetabek dan sejumlah kepulauan di luar Jawa. Santri dibagi dalam zona sesuai dengan tempat asal masing masing. Tercatat ada empat ribu santri ponpes yang hari ini pulang kampung.

Mahardina Ratu Malika salah satu santri mengaku senang bisa mudik bareng teman temannya. Santriwati asal Banyuwangi ini berencana selama di rumah akan memanfaatkan waktunya dengan bersilaturahmi ke teman dan keluarga.

“Sangat senang sekali bisa mudik lebaran bisa ketemu keluarga. Jarang-jarang bisa libur panjang kayak lebaran,” ujarnya kepada JTV.

Sementara Pengurus Pesantren Gadingmangu Jombang, Toto Rahardjo mengakui, kegiatan mudik bareng digelar untuk memudahkan wali santri melakukan penjemputan. Puluhan bus yang sudah disewa ini akan mengantarkan di masing masing kota.

“Wali santri tinggal menunggu di titik penjemputan yang sudah ditentukan. Selain faktor keamanan, juga menjamin kenyamanan santri selama di perjalanan,” tegasnya.

Mudik bareng santri sudah menjadi kegiatan rutin saat memasuki libur sekolah, termasuk liburan lebaran tahun ini. Santri direncanakan akan kembali ke pesantren pada 21 april dan akan kembali mengikuti kegiatan belajar mengajar secara normal pada 22 april 2024.

Selain menyewa bus, sebagian santri santriwati juga menyewa gerbong kereta api untuk beberapa tujuan kota di jawa. (ful/rok)