Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 24 April 2024, 15:48 WIB
Last Updated 2024-04-24T08:48:20Z
BojonegoroHajiPolitik | PemerintahanViewerViral

Ribuan Calon Jamaah Haji Bojonegoro Ikuti Bimbingan Manasik Haji


BOJONEGORO - Ribuan calon jamaah haji Kabupaten Bojonegoro, berbondong-bondong mengikuti bimbingan manasik haji yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama setempat di Gedung Serbaguna Bojonegoro, Rabu (24/04/2024) pagi.

Bimbingan manasik ini dijadwalkan selama 2 hari. Pada hari pertama, manasik haji ini dihadiri oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Sekretaris Daerah Nurul Azizah, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro beserta petugas pendamping haji, dan seluruh calon jamaah haji.

Pada kesempatan ini Sekretaris Daerah Nurul Azizah mewakili Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto yang berhalangan hadir, memberikan motivasi serta arahan bagi calon jamaah haji yang akan berangkat pada tanggal 11 Mei 2024 mendatang.

Sebanyak 1.464 calon jamaah haji Kabupaten Bojonegoro dijadwalkan berangkat pada tanggal 11 Mei mendatang dan tergabung dalam kloter 1, 2, 3 serta kloter ke 4, dimana setiap kloternya terdiri dari 366 jamaah.

Nantinya sebanyak 1.464 calon jamaah haji full kloter Bojonegoro akan diberangkatkan di Pendopo Kantor Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan pada tanggal 12 Mei 2024, ada tambahan kloter 10 sebanyak 79 calon jamaah haji yang akan berangkat bersama dengan sejumlah rombongan jamaah haji dari Kabupaten Lamongan.

Sri wahyuningtin, salah satu calon jamaah haji mengaku sangat senang karena bisa berangkat haji tahun ini bersama suaminya. Sebelumnya, ia menunggu selama 13 tahun atau daftar haji pada tahun 2011 silam.

“Alhamdulillah senang banget mas. Karena sudah nunggu lama. Saya daftar 2011 dan alhamdulillah bisa berangkat tahun ini. Ini sudah siap semua untuk berangkat,” jelasnya kepada JTV.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bojonegoro, Abdul Wahid mengatakan, pada hari pertama bimbingan manasik haji ini, para calon jamaah haji diberikan tausiyah, pembekalan materi pelaksanaan haji, serta materi seputar jamaah haji yang belum ishitoah.

“Pada hari ke kedua bimbingan manasik haji, nanti para calon jamaah haji akan praktek rukun haji, yang didampingi secara langsung oleh petugas pendamping haji,” pungkasnya. (edo/rok)