Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 10 Mei 2024, 16:13 WIB
Last Updated 2024-05-10T09:13:10Z
HajiPolitik | PemerintahanViewerViral

Boneka hingga Gelas Jadi Penanda Koper Calon Jamaah Haji Bojonegoro


BOJONEGORO - Menjelang keberangkatan haji, ribuan koper calon jamaah haji di Kabupaten Bojonegoro dikumpulkan di depan Pendopo Malowopati Pemkab setempat, Jumat (10/05/2024) pagi. Oleh petugas, satu per satu koper calon jamaah haji diverifikasi sesuai identitas pemilik koper.


Selanjutnya, koper akan diberikan kartu identitas calon jamaah haji agar tidak tertukar. Kemudian, koper tersebut dikumpulkan berdasarkan kloter keberangkatan calon jamaah haji.


Agar mudah dikenali, calon jamaah haji juga memasang beragam benda unik sebagai penanda koper. Mulai dari boneka, gelas plastik hingga selendang. 


Pada musim haji tahun ini, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro menyediakan sebanyak 4 kontainer box tertutup untuk mengangkut koper para calon haji setempat. 


“Fasilitas ini diberikan untuk memastikan koper bawaan calon jamaah haji dalam kondisi aman, dan tidak ada kerusakan hingga tiba di embarkasi juanda,” jelas Kepala Kantor Kemenag Bojonegoro, Abdul Wahid kepada JTV, Jumat (10/05/2024).


Lanjutnya, saat ini persiapan keberangkatan calon jamaah haji Bojonegoro sudah 100 persen. Seluruh koper yang terkumpul, akan langsung dikirim pada hari ini. 


“Calon jamaah haji yang tergabung pada kloter 1, 2, 3 dan kloter 4, akan diberangkatkan oleh Pj Bupati Bojonegoro dari Pendopo Malowopati setempat pada Sabtu 11 Mei 2024 pukul 3 pagi,” imbuh Abdul Wahid. 


Sekedar diketahui, jumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Bojonegoro pada musim haji tahun ini ada sebanyak 1.544 orang. (edo/rok)