Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 30 Mei 2024, 15:22 WIB
Last Updated 2024-05-30T08:22:54Z
NgawiPolitik | PemerintahanViewerViral

Tingkatkan Produktivitas, Pemkab Ngawi Canangkan Gerakan Tanam Padi


NGAWI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat mencanangkan gerakan tanam padi bersama. Kegiatan ini secara simbolis dimulai oleh Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono bersama Forkopimda setempat di Desa Klitik, Kecamatan Geneng, Ngawi, Rabu (28/05/2024).

Gerakan tanam padi bersama ini juga menjadi upaya untuk mempertahankan Kabupaten Ngawi sebagai lumbung pangan nasional.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menjelaskan, pada masa tanam I kurang lebih terdapat sekitar 51 ribu hektar lebih dengan produktivitas mencapai 350 ribu ton. Sedangkan pada masa tanam II ini sedikit berkurang, karena memasuki masa kemarau.

“Meski demikian, penurunan produksi tidak terlalu signifikan, yakni masih di kisaran 45 hingga 48 ribu hektar dengan produktivitas 300 ribu ton,” tegasnya.

Ony Anwar menambahkan, mendasar indeks pertanaman di Ngawi mencapai 2,88 persen. Namun, dari pemerintah pusat mengharapkan dapat mencapai 3 persen.

“Sebagai upaya mendukung dan meningkatkan potensi pertanian terutama padi, maka dilakukan gerakan tanam bersama dan mengajak petani mengoptimalkan pada masa tanam ke II ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Ngawi, Supardi mengungkapkan, selama ini hasil pertanian Ngawi cukup baik bahkan menjadi salah satu lumbung pangan nasional.

“Kami berharap petani juga mulai sedini mungkin untuk menyiapkan kebutuhan air di lahan pertanian, hal ini seiring dengan masa tanam ini bersamaan musim kemarau,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Ngawi juga menyerahkan sejumlah bantuan bagi para petani dan kelompok. Bantuan tersebut sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan hasil pertanian terutama padi. (ito/rok)