Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, September 1, 2022, 16:07 WIB
Last Updated 2022-09-01T09:19:30Z
BojonegoroEdukasi | BudayaPolitik | PemerintahanViewerViral

Kodim 0813 Bojonegoro Dropping Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kekeringan


BOJONEGORO - Dalam rangka membantu warga yang kesulitan air bersih akibat dampak musim kemarau, Kodim 0813 Bojonegoro mendistribusikan air bersih gratis untuk warga yang membutuhkan. Salah satunya berlangsung di Desa Gamongan, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, pada Kamis (01/09/2022).

Dibantu perangkat desa setempat, sejumlah personil TNI bahu-membahu mendroping air bersih ke salah satu titik penampungan air didesa setempat. Bantuan air bersih yang datang ke desa ini, langsung diserbu warga.

Mereka berbondong-bondong mendatangi lokasi penampungan untuk mengambil air dengan ember maupun jerigen kosong. Warga yang tampak gembira, mengaku bersyukur mendapatkan air secara cuma-cuma, tanpa harus bersusah payah.

“Sebab, jika tak ada droping air. Kami harus pergi jauh keluar desa, untuk mendapatkan air bersih,” jelas Kurlan, warga setempat.

Sementara itu, terkait kegiatan ini Bintara Tinggi Tata Urusan Dalam (BATI TUUD) Koramil Tambakrejo Kodim 0813 Bojonegoro, Serma Suryadi menjelaskan, dropping air bersih ini menjadi salah satu upaya TNI Manunggal Desa untuk membantu dalam mengatasi berbagai permasalahan.

Termasuk masalah kekeringan yang kini dirasakan warga Desa Gamongan sejak awal agustus lalu. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat.

“Diharapkan, air ini dapat dimanfaatkan langsung oleh warga untuk berbagai keperluan sehari-hari, seperti mandi, masak, air minum, dan kebutuhan penting lainnya,” tegas Serma Suryadi.

Dropping air bersih Kodim 0813 Bojonegoro ini berlangsung secara terus menerus. Dimana untuk sekali droping disiapkan setidaknya lima ribu liter air bagi warga di masing-masing desa, terdampak kekeringan. (lim/rok)