Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, October 7, 2022, 17:22 WIB
Last Updated 2022-10-07T10:22:16Z
Hukum | PeristiwaJombangPojok PituViewerViral

Belasan Rumah Warga di Jombang Porak Poranda Diterjang Puting Beliung


JOMBANG - Angin puting beliung menerjang puluhan rumah warga di Desa Plosogeneng, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, pada Kamis (06/10/2022) petang. Akibatnya, belasan rumah warga rusak dan atapnya hilang tersapu angin. 

Pada Jum’at (07/10/2022) pagi, sebagian warga masih berbenah dan membersihkan sisa puing atap rumah yang hancur. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Jumanto salah satu korban mengatakan, sebelum kejadian langit di atas Kabupaten Jombang berubah sangat gelap. Tak lama kemudian, datang angin yang berbentuk seperti awan putih dan berputar-putar dan menerjang rumah-rumah warga disertai hujan yang sangat lebat.  

“Awalnya langit berubah gelar, terus angin datang bersama awan putih dan menerjang rumah-rumah disertai hujan deras,” ungkap Jumanto saat ditemui JTV di lokasi kejadian.

Dalam kondisi ketakutan, warga berlarian menyelamatkan diri dan sebagian diantaranya mengumandangkan adzan. Rumah Jumanto ini bagian atapnya hilang tersapu angin hingga terbang puluhan meter.

“Atap rumah saya diterjang angin sampai terbang, untungnya selamat semua mas,” imbu Jumanto.

Berdasarkan data perangkat Desa Plosogeneng, total ada 13 rumah warga yang rusak dengan satu diantaranya rusak berat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam persitwa tersebut. (ful/rok)