Iklan Beranda

Redaksi JTV
Minggu, 28 Mei 2023, 08:37 WIB
Last Updated 2023-05-29T08:35:10Z
Hukum | PeristiwaNgawiPojok PituViewerViral

Diduga Tercemar Limbah, Air Bengawan Solo Ngawi Berubah Hitam Pekat

Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Ngawi berubah warna menjadi hitam pekat. Diduga akibat tercemar limbah.
NGAWI - Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Ngawi, sejak beberapa hari terakhir berubah warna menjadi hitam pekat. Diduga, kejadian ini terjadi akibat sungai tercemar limbah pabrik dari hulu sungai di Jawa Tengah. 

Kejadian tersebut salah satunya seperti terpantau di Sungai Bengawan Solo Kelurahan Maargomulyo, Kecamatan Ngawi Kota, Kabupaten Ngawi, Minggu (28/05/2023). Menurut warga bantaran sungai setempat, pecemaran seperti ini selalu terjadi setiap tahunnya. Sedangkan kejadian ini terjadi beberapa hari terakhir.

“Tiap tahun selalu tercemar begini. Kalau yang kejadian ini sudah beberapa hari ini. Warna sungai jadi hitam pekat,” ungkap Yulianto, warga setempat.

Lanjutnya, air bengawan solo yang biasanya terlihat jernih, kini menjadi berwarna hitam yang diduga akibat tercemar limbah pabrik kiriman dari hulu sungai di Jawa Tengah. Pencemaran ini setiap tahunnya terutama disaat memasuki musim kemarau. 

“Limbah ini sangat berdampak terhadap masyarakat yang berada di bantaran sungai, apalagi bila limbah melimpah, membuat ikan-ikan banyak yang mabuk dan mati,” jelas Yulianto.

Hingga saat ini, banyak warga yang mengeluh akibat dampak pencemaran tersebut. Warga khawatir pencemaran terhadap aliran Bengawan Solo dapat menyebabkan rusaknya ekosistem, dan kerusakan lingkungan. (ito/rok)
 
Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News