Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 19 Juni 2023, 15:36 WIB
Last Updated 2023-06-20T06:42:37Z
HajiJombangPojok PituViewerViral

Sandal hingga Gembok Jadi Penanda Koper Calon Haji Jombang


JOMBANG - Menjelang keberangkatannya ke tanah suci, calon jamaah haji asal Kabupaten Jombang mengumpulkan koper mereka ke Kantor Kemenag setempat. Koper berisi bekal para jamaah ini dikumpulkan sejak minggu hingga senin (19/06/2023) pagi.

Meskipun sudah ada barcode khusus agar tidak hilang ataupun tertukar. Para jamaah tetap memberikan tanda unik dengan alasan untuk memudahkan pencarian saat telah tiba di Arab Saudi. Seperti anyaman daun pandan, kain pita, sandal, gembok atau tanda lainnya.

Staf Sie PHU Kantor Kemenag Jombang, Azifah Restorini mengatakan, koper calon haji tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Meskipun masing-masing koper telah diberi tanda sesuai identitas pemilik, koper dipersilahkan memasang tanda apapun untuk lebih cepat mendapati kopernya di Arab Saudi.  

“Sudah ada barcode khusus di tiap koper jamaah. Hal itu bertujuan agar tidak hilang maupun tertukar. Tapi faktanya masih banyak jamaah yang memasang penanda,” jelas Azifah.

Sementara itu, calon jamaah haji asal Jombang yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini sebanyak 1.384 orang. Mereka terbagi dalam tiga kloter embarkasi Juanda, Surabaya.

Kloter 77 sebanyak  395, kloter  78 sebanyak  445 dan kloter  544 jamaah. Jamaah akan meninggalkan Jombang menuju asrama haji Sukolilo Surabaya pada tanggal 20 juni 2023 besok. (ful/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News