Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 19 Juli 2023, 16:18 WIB
Last Updated 2023-07-20T07:52:34Z
Edukasi | BudayaNgawiPojok PituViewerViral

Ribuan Warga di Ngawi Berebut Gunungan Sayur dan Kirab Kerbau


NGAWI - Berbagai cara masyarakat dalam memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Alun-alun Kabupaten Ngawi, Selasa (18/07/2023).

Pantauan JTV di lokasi, warga beramai-ramai mengikuti kirab gunungan sayur dan kerbau. Sebelum kirab dimulai, warga disuguhkan tarian sufi. Kemudian mengikuti kirab dengan membawa 4 kerbau dan 9 gunungan sayuran, sambil mengelilingi alun-alun.

Dalam acara menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah ini, kirab juga diiringi rebana sambil bersholawat nabi yang juga diikuti olah anak-anak dari jamiyah sholawatan.

Usai mengelilingi alun-alun, warga langsung saling berebut sayur-sayuran dan buah-buahan yang berada digunungan untuk mendapatkan berkah dan kelancaran.

“Meriah sekali mas. Semoga tahun depan acara seperti ini lagi,” tegas Saniati, salah satu warga.

Diketahui, pergantian tahun hijriah atau Tahun Baru Islam sering diperingati dengan berbagai kegiatan adat dan budaya masyarakat. Kegiatan ini sebagai wujud syukur masyarakat dan juga harapan agar menjadi lebih baik di Tahun Baru Hijriah. (ito/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News