DPRD

DPRD
Sketsa Bengawan
Selasa, 21 November 2023, 17:28 WIB
Last Updated 2023-11-22T06:59:05Z
NgawiPojok PituPotensi DaerahViewerViral

Manfaatkan Waduk Mengering, Petani di Ngawi Mampu Hasilkan Panen Maksimal


NGAWI - Warga di sekitar Waduk Pondok, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, mulai memanen hasil tanaman padi mereka yang mereka tanam di area waduk setempat, Selasa (21/11/2023). Hampir sebagian besar warga yang berada di sekitar aliran waduk memanfaatkan waduk yang mengering untuk lahan pertanian.

Menurut petani setempat, lahan waduk kering tersebut ditanami komoditas mulai padi, jagung, kedelai, dan sejumlah tanaman palawija lain. Kegiatan penanaman ini sering kali dilakukan setiap mulai bulan September saat air waduk mulai menyusut akibat musim kemarau.

“Ini memanfaatkan musim kemarau mas, tanamnya mulai bulan September saat waduk mulai kering. Kalau musim penghujan nggak bisa,” jelas Sunarmi, salah satu petani waduk.

Khusus untuk tanaman padi, para petani waduk mampu memperoleh hasil sekitar 1,5 hingga 2 ton dari setiap petak yang ditanam. Secara keseluruhan hampir terdapat 2 hektar lahan waduk yang ditanam.

“Alhamdulillah hasilnya bisa maksimal mas. Ditanami padi bagus, jagung juga bagus. Ada juga yang tanam palawija,” timpal Sutrisno, petani lain.

Seperti diketahui musim kemarau tahun ini berlangsung cukup lama. Hal ini membawa berkah bagi warga di sekitar area Waduk Pondok untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. (ito/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News