Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, September 16, 2022, 14:33 WIB
Last Updated 2022-09-16T07:43:31Z
JombangPojok PituPolitik | PemerintahanPotensi DaerahViewerViral

Menteri Pertanian Panen dan Tinjau Pengolahan Sorgum di Jombang


JOMBANG - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, melakukan panen sorgum di Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, pada Kamis (15/09/2022) siang. Didampingi anggota Komisi IV DPR RI, Wakil Bupati Jombang serta Forkopimda Jombang, Mentan memotong batang sorgum yang memiliki ketinggian hingga tiga meter tersebut.

Pantauan JTV di lapangan, sorgum yang dipanen Mentan adalah jenis sorgum manis. Tanaman tersebut merupakan tanaman yang tidak memerlukan biaya besar hingga panen. Sebab, tidak membutuhkan banyak air serta tidak mengharuskan ditanam pada lahan subur.

Pasca panen ini, Menteri Pertanian mengaku lebih semangat akan terus mengembangkan sorgum di tanah air. Tanaman warisan nenek luhur yang sudah pernah ada. Pasalnya, selain bijinya untuk bahan pangan, batang pohonnya bisa untuk gula, juga bisa dibuat bahan kecap serta minuman segar.

Mentan mengatakan akan terus mengembangkan sorgum di tanah air, agar Indonesia tidak bergantung pada impor biji-bijian.

“Ini akan terus kami kembangkan, agar Indonesia tidak bergantung pada biji-bijian impor,” ungkapnya.

Usai melakukan panen, Mentan juga meninjau mini pabrik gula dengan bahan utama sorgum di Desa Kedungmelati, Kecamatan Kesamben, Jombang. Untuk membuat gula, batang pohon sorgum digiling, karena buah sorgum dijadikan tepung atau biji beras yang bisa menggantikan bahan pangan lainnya, seperti padi atau jagung. (ful/rok)

Ikuti berita terkini dari JTV Bojonegoro di Google News